Karimun, Kuba– Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah yang merupakan tempat bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh keceriaan dan kerap dilakukan diluar sekolah maupun jam-jam keluarga.

Kendati demikian Pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembetukan sikap mental maupun karakter sebagai peserta didik di sekolah.

Oleh sebab itu, Danramil 03/Kundur Mayor Inf Kasim Manurung, mengharapkan kepada Pramuka SMAN 04 Kundur Barat untuk tetap bersikap baik dalam arti berakhlak mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot dan suci dalam segala pikiran maupun perbuatan serta bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Selain itu, Mayor Inf Kasim Manurung juga mengharap kepada seluruh anggota Pramuka SMAN 04 Kundur Barat untuk dapat melaksanakan Dasa Darma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji Pramuka.

Pramuka juga harus lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, karakter, dan gerakan Pramuka diperlukan adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan yang tergabung dalam suatu gugus depan dengan keterkaitan antara siswa didik sebagai anggota Pramuka yang harus menjadi tugas pembina dan unsur majelis pembimbing gugus depan.

Tanpa kerjasama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin Pramuka dapat berperan aktif,” oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah dalam Pramuka perlu di susun suatu program kerja gugus depan, ujar Mayor Inf Kasim Manurung, saat menghadiri penyematan Pramuka yang sekaligus menjadi narasumber materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 04 Kundur Barat, Sabtu (25/09/2021).

Majid