Langsa, Viralutama.co.id-Dibawa kaburnya seorang warga Langsa untuk di kristen kan oleh warga Sumatera Utara baru-baru ini merupakan tamparan keras bagi masyarakat. Mungkin ini sebagai akibat lemahnya pengawasan terhadap kebebasan para missionaris menjalankan misinya di Aceh, khusunya di kota Langsa.

Direktur Eksekutif LSM Gadjah Puteh, Sayed Zahirsyah, Kamis (18/6/2020) mengatakan, kepada wartawan,” kejadian tersebut adalah tanggung jawab semua pihak di Aceh sebagai saudara sesama muslim untuk dapat berkontribusi dalam menangani hal ini, agar Fitri dapat dipulangkan lagi serta kembali kepada Aqidah sebelumnya, yaitu agama Islam.

Selain pemangku kebijakan yang ada di Langsa maupun di Aceh, pihaknya juga berharap agar Senator Aceh, Sudirman alias Haji Uma untuk turut membantu memfasilitasi pemulangan tersebut.

“Selama ini Haji Uma sudah teruji kepeduliannya terhadap daerah, terutama terhadap persoalan sosial dan agama beliau selalu ada di depan”. Ujar Sayed.

Karena itu, dalam kasus ini pihaknya juga berharap agar Haji Uma ikut  memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaganya agar fitri dapat dipulangkan, hingga marwah agama  dan harga diri Aceh sebagai daerah syariah tetap terjaga.