Karimun– Rusaknya kembali Pelabuhan Pantai Sawang, yang baru mendekati satu setengah tahun lebih, setelah diperbaiki oleh PT. Timah Tbk, saat ini oleh warga setempat, kembali diperbaiki secara swadaya, mengingat Pelabuhan tersebut “Jantung” bagi para Nelayan, setempat untuk menambatkan sampan dan pompong setelah beraktifitas dilaut.

Menurut Dani Ketua Karang Taruna Kel. Sawang, yang secara kebetulan bertempat tinggal dipinggiran bibir pantai sawang, ketika dijumpai dan diminta komentarnya Minggu ( 05/09 ) siang disela-sela kesibukannya membantu memperbaiki jembatan yang rusak mengatakan, rusaknya jembatan khusus untuk tambatan perahu para nelayan, sebenarnya sudah berlangsung hampir lima bulan lebih, jembatan sebenarnya sudah dua kali rusak, awalnya jembatan yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kab. Karimun, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan saat itu, sempat mengalami kerusakan, mengingat lantai dari jembatan dibangun dengan susunan papan kayu, sementara tiang pondasi dibangun dengan menggunakan batu, hujan panas menjadikan papan-papan jembatan tidak bertahan lama dan mengalami kerusakan.

Terkait dengan kerusakan jembatan, warga melalui Profosal meminta bantuan dengan PT. timah.Tbk, untuk membantu perbaikan jembatan, gayung bersambut, Pihak Perusahaan menyanggupi untuk memperbaiki jembatan, guna kepentingan warga nelayan setempat, setelah jembatan diperbaiki dan pihak Perusahaan melakukan serah terima selesainya perbaikan jembatan, hampir mendekati satu setengah tahun lebih, jembatan dengan lantai papan tersebut kembali rusak.” Kata Dani.

Untuk agar rusaknya jembatan tidak semakin melebar, dirinya bersama dengan perangkat kelurahan yang lain, berusaha mencari solusi, agar jembatan bisa kembali diperbaiki, mengingat keberadaan pantai Sawang juga merupakan Ikon pariwisata warga lokal khususnya, malu rasanya jika keberadaan pelabuhan saja tidak mampu diperbaiki,” jelas Dani.

Sambil berjalannya waktu, Sikin salah seorang tokoh masyarakat Sawang, yang ketika diminta masukan, untuk menyikapi solusi dari rusaknya Jembatan Pantai Sawang, secara spontanitas mengambil sikap, dengan mengemukakan “Mari bahu membahu secara swadaya kita perbaiki kembali jembatan yang rusak kata Dani mengulangi kata-kata yang pernah terucap oleh Sikin yang dikenal selalu santai menyikapi berbagai permasalahan.

Merasa mendapat dukungan dari salah seorang Tokoh Masyarakat, warga setempat menyerahkan dengan sepenuhnya kepada Sikin, untuk bagaimana caranya memperbaiki kembali rusaknya jembatan tambatan perahu, bagi warga nelayan yang dimaksud,” ujar Dani.

Ditempat yang sama, Sikin yang kebetulan melihat, memandang dan memonitor perbaikan jembatan secara Goro oleh warga setempat, merasa terharu dan sempat berujar, permasalahan apapun, jika kita secara bahu-membahu dan menyikapi berbagai permasalahan secara arif dan bijak, seberat apapun persoalan akan dapat terselesaikan,” ujar Sikin dengan tenang.

Pantauan Viralutama.co.id dilapangan perbaikan Jembatan Tambatan Perahu warga nelayan Kel. Sawang, yang dilakukan secara Swadaya, sangat mendapat sambutan positif oleh warga, semoga dengan diperbaikinya Jembatan, dapat kembali dimanfaatkan oleh para nelayan untuk tempat bersandar perahu dan pompong.