Tingkatkan Mutu Pengelolaan Madrasah, Kemenag Gelar Bimtek EDM

0
135

Bireuen – Tingkatkan Mutu pengelolaan madrasah, Kepala, Bendahara dan Operator Madrasah tingkatan MI, MTs dan MA di lingkungan Kemenag Bireuen, gelar Bimtek (Bimbingan Teknis) EDM (Evaluasi Diri Mandiri) serta penerapan sistim e-RKAM (elektronik-Rencana Kerja Anggaran Madrasah) Bimtek digelar di MAN 4 Bireuen, Selasa (12 Januari 2021).

Kakan Kemenag Bireuen Drs. Zulkifli Idris MPd melalui Pengawas Madrasah M.Daud MPd kepada Viralutama menyampaikan, Bimtek EDM dan penerapan e-RKAM digelar bertujuan untuk mengevaluasi selain pemantapan pengelolaan madrasah yang lebih transparan.

Untuk wilayah barat kegiatan bimtek digelar di MAN 4 Bireuen (Jeunieb) yang pilih berdasarkan Demografi penilaian, oleh karena Fasilitas dan tempat. Bimtek diikuti para peserta terdiri dari Kepala, Bendahara dan Operator tingkat MI, MTs dan MA lingkungan Kemenag Bireuen.

Bimtek digelar 5 hari mulai tanggal (11 s/d 15 Januari) 2021 dengan menghadirkan 3 Pemateri (Tutor) yang telah lulus seleksi diantaranya, M. Rezeki Muammar MED dari Kampus Almuslim Peusangan, M.Daud MPd dari Pengawas Madrasah lingkungan Kemenag dan DR. Mahdir Muhammad Mahasiswa dari Yayasan Ummul Ayman Samalanga.

Sementara Kepala MAN 4 Bireuen Ibran S.Ag mengatakan, melalui bimtek EDM,” para peserta dibimmbing menyangkut mutu untuk mempermudah kinerja dan tata kelola madrasah yang transparan dan akuntabel, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pengelolaan secara keseluruhan.

“Terpilihnya MAN 4 Bireuen sebagai titik Pelaksanaan Bimtek EDM atas penilaian dari sisi Strategis lokasi di pertengahan wilayah barat, selain fasilatas pendukung lainnya yang kita miliki di Madrasah,” Tutur kepala MAN 4 Bireuen.

“Sebelumnya Pelaksana kegiatan melalui salah satu anggota Tim, Adiwalid SPd (Perwakilan Kabupaten Bireuen) mengatakan, Bimtek EDM di Lingkungan Kemenag
Program Kementrian yang bekerja sama dengan Bank Dunia dan Bank Syariah di Indonesia. Bimtek dimulai pada awal Desember 2020 lalu dan akan berakhir pada Februari 2021 nantinya. Jadwal pelaksanaan digelar serentak untuk wilayah Sumatra Selatan dan Provinsi Aceh,” termasuk kabupaten Bireuen,

“Bimtek digelar bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah dalam binaan Kementerian Agama Republik Indonesia, bimbingan tersebut dilaksanakan serentak di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan jadwal yang berbeda,” ujar Adiwalid SPd

Kegiatan Bimtek di wilayah barat (MAN 4) dan MTs Jeunieb dibuka secara langsung oleh Kasubag TU, Iskandar SHi pada Senin (11/1) mewakili Kakankemenag Bireuen Drs Zulkifli Idris MPd. Sementara untuk wilayah timur akan dilanjutkan pada gelombang tahapan selanjutnya, ungkap Tim Perwakilan kabupaten Bireuen.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here