Milad Ke 18 KODRAT, Pengcab Bireuen Gelar Aksi Donor Darah

0
109

Bireuen – Dalam rangka memperingati Milad ke 18 KODRAT (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) Provinsi Aceh Bekerjasama dengan Pemkab Bireuen dalam aksi donor darah, Aksi turut melibatkan UTD RSUD dr Fauziah, PMI, KONI, kegiatan aksi di halaman Kantor Bupati Bireuen, Rabu (13 Januari 2021).

Ketua Umum Kodrat Aceh, Mohd. Alfatah, S.Ag melalui Ketua Pengcab Bireuen Mawardi S.STP M.Si kepada Viralutama.co.id menyampaikan, kegiatan digelar dalam rangka milad (Ultah) ke 18 tahun 2021. Aksi Donor sebagai bentuk kepedulian para pecinta olah raga terhadap kebutuhan darah bagi berbagai pasien di Ruma Sakit Umum/Swasta dalam Kabupaten Bireuen.

Aksi tahun ini (2021) mengangkat tema “Donor Darah Bukti Cinta Untuk Sesama” berdasarkan atas kerja sama dengan Pemkab, kegiatan Aksi digelar di halaman kantor Pemerintahan Kabupaten Bireuen (Bupati) ujar Mawardi yang juga menjabat Kepala BKSDM Bireuen.

Dikatakan Mawardi,” Kegiatan digelar dengan tujuan membantu PMI dalam upaya mengumpulkan darah untuk memenuhi kebutuhan pasien di Rumah Sakit khusunya Bireuen,” Mengingat stok darah di RSU dan PMI Bireuen sedang menipis, kami mengambil inisiatif untuk membantu mengatasi masalah tersebut, kemudian dikemas bertepatan pada Milad Kodrat tahun ini.”

Peserta donor diikuti oleh sebahagian besar ASN Pemkab serta antusias masyarakat. Donor darah memberikan dua manfaat terhadap pendonor itu sendiri diantaranya, pertama dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh pendonor, selain menurunkan resiko kangker serta mencegah munculnya penyakit lain, ungkap Ketua Pengcab.

Partisipasi para pendonor bermanfaat secara langsung terhadap pasien yang Urgent seperti operasi, cuci darah selain membantu penyediaan stok darah di UTD. Diharapkan Aksi seperti ini terus digalakkan baik dari Organisasi Kepemudaan dan lainnya guna mewujudkan masyarakat yang sehat dalam upaya meringankan beban sesama.

Aksi yang dimulai dari jam 09: 00 Wib hingga jam 12:00 siang, sebanyak 82 kantong darah telah terkumpul. Jumlah tersebut akan terus bertambah, oleh karena aksi dilakukan hingga sore harinya,”Ketua Pengcab Kodrat Kabupaten Bireuen menuturkan.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here