Kelompok Tani Serbajadi-Lokop Mengharapkan Perhatian Serius Dari Pihak Terkait

0
126

Aceh Timur – Kelompok tani Serbajadi Lokop panen perdana padi gogo lokal menggunakan alat perontok padi secara manual, pasalnya kelompok tani tersebut belum memiliki pasilitas serta alat panen.

Bukhari Muslim MH, ketua Kontak Tani Nelayan Andalan KTNA kecamatan Serbajadi kabupaten Aceh Timur Rabu(23/09/2020) menyampaikan.” Camat kecamatan Serbajadi, Syahdanur.S.Lp Map mengunjungi kelompok tani Susarajadi Ketibung Musara Dess Bunin kecamatan Serbajadi dalam rangka panen perdana padi gogo lokal tahun 2020.”

“Kunjungan camat Serbajadi turut di dampingi oleh kepala BPP kecamatan Serbajadi.Jumali Sp. Mantri tani kec serbajadi Sabda Sp. Ketua KTNA kec serbajadi Bukhari Muslim MH, dan kepala Pustu Sp 1 Kuala Panggoh H.Mahidin Amd, beserta pengurus dan seluruh anggota Kelompok Tani Musara Jadi desa Bunin.”sebut Bukhari Muslim.MH.

“Setelah selesai acara panen (memotong padi gogo lokol) camat Serbajadi beserta rombongan melakukan perontokan padi gogo lokal memakai alat petontok padi secara manual(dibanting) oleh karena Kelompok Tani Musara Jadi tidak memiliki alat teknologi prontok padi.(tereser).”
“Selanjutnya rombongan Camat serbajadi meninjau kondisi jalan usaha tani yang di bangun oleh kelompok tani secara bergotong royong yang digunakan untuk mengangangkut hasil panen.

Ketua KTNA kecamatan Serbajadi Bukhari Muslim.MH. kembali menyampaikan bahwa.”Kelompok tani di kecamatan Serbajadi tahun 2020 yang ikut menanam padi gogo lokal tahun 2020 ini sebanyak 15 kelompok tani dengan luas lahan sekitar 1600 hektar ditiga desa dalam kecamatan Serbajadi, diantaranya desa Bunin desa Arul Durin dan desa Persiapan Sp 1 Kuala Panguh, n dengan berbagai jenis padi gogo lokal.”ujarnya.

Sementara yang ada di Serbajadi dengan tanggal tanam pada Akhir bulan April 2020 s/d awal bulan juni 2020 lalu di perkirakan selesai panen pada Akhir bulan nopember 2020 mendatang. Kalau kita lihat dari perkembangan di lapangan tahun 2020 ini agak berkurang dari tahun-tahun sebelum nya di karenakan kelompok tani tidak memiliki Alat teknologi panen seperti mesin perontok padi (traeser).”
Sehingga tidak sanggup untuk melakukan perontokan dengan cara manual.”

“Dan juga lahan penanaman nya sudah agak jauh kedalam dari pinggir jalan lahan lahan sebelumnya sudah tidak cocok lagi ditanami padi bila tidak di lakukan olah tanah sedangkan kelompok tani tidak memiliki alat teknologi pengolah tanah seperti jonder(teraktor 4wd) -Tan henteraktor.”

“Dan bagi petani yang lahan nya jauh dari jalan tidak memiliki alat teknologi pengangkut hasil panen, juga tidak memiliki jalan usaha tani atau jalan produksi oleh karena kekurangan pasilitas alat teknologi pengolah tanah dan pasilitas paket alat panen maka petani tidak mampu untuk memperluas tanamanya.”

“Kami sangat berharap kepada Dinas Tanaman Pangan dan Horti Kultura kabupaten Aceh Timur agar sudi kiranya membantu satu paket alat panen padi dan satu unit traktor 4 WD serta membangun jalan usaha tani pada tahun 2020 ini, untuk para petani padi gogo lokal di kec serbajadi.”harap Bukhari Muslim.MH.

Syahdannur camat kecamatan Serbajsdi mengungkapkan pihak nya sangat periahtin melihat kondisi petani di Serbajadi seperti ini dan dirinya sangat mendukung sepenuhnya atas permohonan masyarakat tersebut demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Serbajadi.” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here