Karimun– Berdirinya Mushola Al Fajar, bangunan kokoh dan masih terawat dengan baik sampai saat ini tidak terlepas dari ide dan konsep serta gagasan dari Mantan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Tanjung Batu.

Beliau adalah Filpan De Laiya, SH.
Ketulusan hati Filpan, tergeraknya ide untuk membangun Mushola dilingkungan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Tanjung Batu, karena sering mendengarnya suara adzan dari toa microfon Masjid yang tidak begitu jauh dari Kantor Cabjari Karimun di Tg. Batu dan seterusnya diiringi dengan beberapa rekan kerja dan tamu kantor yang meminta izin untuk melaksanakan sholat berjamaah di Masjid.

Ide yang diteruskan dengan konsep, sehingga melahirkan gagasan menjadikan tekat bagi Filpan untuk dapat mewujudkan berdirinya Mushola kecil nan indah yang diberi nama Al Fajar di areal Kantor, sehingga Para rekan sesama Jaksa dan Honorer serta para tamu Kantor tidak lagi terburu-buru dan Tergopoh-gopoh jika hendak melaksanakan Sholat.

Dengan menyisihkan gaji untuk setiap bulannya, ditambah dengan bantuan serta donasi secara spontanitas dari Hamba Allah secara berlahan tapi pasti, Mushola Al Fajar berdiri dengan kokoh hingga saat ini terjaga dan dirawat sekaligus terbuka setiap jam kerja, bagi siapapun tanpa terkecuali yang hendak melaksanakan sholat.

Menurut beberapa warga masyarakat, yang berada dilingkungan Kantor Cabjari Karimun di Tg. Batu, sesaat setelah melaksanakan Sholat Zuhur Kamis (01/07) Siang, ketika dijumpai dan diminta komentarnya mengemukakan, Kami warga setempat bahkan masyarakat warga daerah lain, tidak merasa segan dan risih untuk melaksanakan sholat di Mushola Al Fajar karena di samping terawat, bersih, para Pegawai Kantor Cabjari Karimun di Tg. Batu mulai dari Satpam Kantor, Pekerja Honor sampai Pegawai Kejaksaan kesemuanya ramah-ramah, jadi kami selaku masyarakat tidak lagi merasa risih dan segan jika hendak melaksanakan Sholat.” Kata Sumber.

Seterusnya menurut Sumber, dirinya masih ingat saat diresmikannya Mushola Al Fajar oleh Bapak Kejaksaan Tinggi Kepri saat itu, dan Bapak Filpan De Laiya, SH sebagai Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Karimun di Tanjung Batu dengan acara peresmian Mushola yang cukup meriah,” jelas Sumber.

Ditempat yang sama salah seorang tenaga Honorer yang sudah cukup lama bekerja, di Kantor Cabjari Karimun di Tg. Batu yang tidak mau disebutkan namanya ketika dijumpai dan diminta komentar menjelaskan, di saat Bapak Filfan De Laiya,SH menjadi Kacabjari Karimun di Tg. Batu, banyak terobosan yang telah dibuat, kedekatan dengan sesama rekan kerja, tenaga honor bahkan banyak rekan wartawan liputan setempat, merasa kehilangan sosok Filfan De Laiya, SH yang menginspirasi, semoga saja Bapak Filfan De Laiya, SH beserta keluarga tetap selalu didalam keadaan sehat, dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa di mana pun berada, serta sukses Selalu didalam Tupoksi,” ujar Sumber.

Pantauan Viralutama.co.id dilapangan, masih ingat didalam pemikiran, sosok Bapak Filfan De Laiya, SH, bersahabat, tegas dan bersikap selaku pendidik kepada siapapun dan juga terlihat jelas, siapapun yang ditempatkan, untuk menjadi pemimpin dilingkungan Cabjari Karimun Di Tg. Batu hingga saat ini, sepertinya memang Putra/ Putri pilihan, yang sudah mempunyai “jam terbang” tinggi, sehingga jiwa mengayomi terhadap berbagai pihak, tidak lagi diragukan.