Usaha Bakso Nugget Buk Salbiah Yang Membantu Perekinomian Keluarga

  • Whatsapp

Langsa,  – Dari berbagai penjuru kota, sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yaitu bakso,  makanan ini sudah terkenal sejak lama dan sering kita jumpai di daerah-daerah manapun.

Mulai dari penjualan gerobak kali lima sampai dengan warung-warung besar. Makanan ini banyak di sukai dan sudah menjadi makanan favorit banyak orang, bagaimana tidak, olahan tepung yang dicampuri daging dan diberi sedikit bumbu menjadi cita rasa yang sangat enak di lidah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan olahan  bakso buk salbiyah dari desa Alue Dua, meskipun bentuk nya sama dan dihasilkan dari tepung yang sama, tetapi  beliau mengolah ikan bulan sebagai bahan utama dari pembuatan bakso nugget nya, dan diberi sedikit tepung panir agar rasa bakso nugget nya lebih kriuk lagi.

Biasanya buk salbiyah menjual bakso berkeliling memakai sepeda motornya hingga ke pelosok pelosok desa, bakso nugget olahan buk salbiyah ini di perjualbelikan oleh orang sebagai bakso goreng untuk cemilan mereka.

Usaha penjualan bakso nugget ikan buk salbiyah ini sudah hampir 10 tahun berjalan dan sampai sekarang.

Herannya lagi dengan pemesanan konsumen yang sampai berkilo-kilo, beliau membuat bakso nugget ini hanya dengan menggunakan peralatan rumah tangga yang sederhana yaitu blender untuk penghalus ikan bulan dan bumbu nya.

Beliau hanya bekerja dengan suami dan satu orang anak nya yang membantu nya setiap hari.

Pembuatan bakso nugget ikan ini di lakukan mulai dari jam 4 subuh, buk salbiyah sudah mempersiapkan bahan untuk pembuatan bakso mulai dari menghaluskan daging ikan bulan dengan blender, meracik bumbu, hingga adonan tepung yang sudah tercampur dengan daging ikan dicetak dengan menggunakan tangan sampai direbus hingga masak, lalu ditaburi tepung panir dan dikemas. Proses pembuatan bakso nugget  buk salbiyah dilakukan sampai jam 7 pagi, pembuatan ini dilakukan diwaktu subuh agar buk salbiyah dapat berjualan diwaktu pagi hari nya sampai menjelang siang

Penjualan bakso nugget buk salbiyah sangat membantu dalam perekonomian keluarga nya, yang dulunya berjualan dengan menggunakan sepeda dayung kini sudah menggunakan sepeda motor bahkan dari hasil penjualannya bakso nugget ini buk salbiyah bisa membeli mobil CRV.

Membuat olahan bakso yang awalnya hanya dilakukan dengan 5 kg sehari dirumah kini mencapai 20 bahkan 30 kg, tergantung pemesanan dari pembeli.

Tetapi sejak wabah covid menyerang hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, membuat usaha yang sudah dibangun buk salbiyah mengalami banyak kerugian karena pada saat ini masyarakat di larang untyk berkerumun di kermaian maupun beraktivitas di tempat-tempat ramai.

Kerugian yang dialami penjualan buk salbiyah drastis menurun yang awalnya sampai 20 atau 30 kini hanya menjadi 8 atau 10 kg.

Ibu salbiyah berharap wabah ini segera berakhir, dan usaha yang telah dia bangun bisa kembali seperti biasa nya

Penulis, Amy Indah Yanti, Mahasiswi pendidikan Islam anak usia dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan KPM KS, IAIN LANGSA 2021.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *