UPT Dishub Kecamatan Kundur Barat Dinilai Banyak Pihak Tidak Layak Berkantor di Pelabuhan Tanjung Maqom

  • Whatsapp
Terlihat Kantor UPT. Dishub Kec. Kuba Di Pelabuhan Tg. Maqam Selat Belia, Yang dinilai Banyak Pihak Tidak Layak ( Doc. Azwan )

Karimun– Menurut penilaian banyak pihak, keberadaan Kantor Unit Pelaksana Tehnis Dishub Kecamatan Kundur Barat, sangat tidak layak jika kedudukannya berada di salah-satu ruangan gedung Pelabuhan Tg. Maqom, yang dibangun oleh Pemerintah Daerah dan dipinjam pakai satu ruangan untuk UPT. Dishub Kec. Kuba, sewajarnya bangunan dibangun untuk dikelola oleh BUP selaku BUMD. apalagi UPT. Dishub merupakan Unit Dinas yang diperbantukan oleh Dishub Kabupaten Karimun, untuk menjadi Pelayan Publik tidak hanya dilaut tetapi juga didarat.

Sewajarnya Kantor UPT. Dishub Kecamatan Kuba, berada di Pusat ibu kota Kecamatan Kundur Barat seperti di Sawang yang bangun satu kantor permanen, dengan lokasi dipinggir jalan utama, jadi pengawasan terhadap muatan barang apapun, dari kendaraan roda empat, baik Lori maupun kol Diesel serta kepengurusan Kir sesuai Tupoksi, dapat berjalan secara maksimal selaku pengawas didarat oleh Dishub.

Sementara Ruangan Kantor yang saat ini berada di Pelabuhan Tg. Maqom, bisa saja dijadikan Pos Pengawas UPT Dishub Kecamatan Kuba untuk khusus dilaut. Jika UPT Dishub Kec. Kuba terus dipaksakan berkantor di salah satu ruangan gedung, yang dikelola oleh BUP selaku BUMD, dipastikan kinerja Para Staff UPT. Dishub Kecamatan Kuba tidak akan maksimal.

Demikian dikatakan beberapa warga yang tidak mau disebutkan namanya, di ruang tunggu pelabuhan Tg. Maqom Selat Belia Sambil menunggu keberangkatan ke Karimun menggunakan jasa Angkutan Laut, menurut Sumber, sangat tidak layak UPT. Dishub Kecamatan Kuba yang tidak hanya mengurus laut, tetapi juga mengurus darat, diberi satu ruangan kecil dan telah berkantor sejak pertama berdirinya gedung pelabuhan Tg. maqom,” kata Sumber.

Seterusnya menurut Sumber, Satuan Kerja Kepelabuhan dalam hal ini Syahbandar Selat Belia, yang tadinya juga berkantor disalah-satu ruangan gedung pelabuhan Tg. Maqam, pindah dan menggunakan kantor lama Syahbandar, yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan. Sementara ruangan kantor yang dipinjam pakai kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun oleh Satker Kepelabuhan dijadikan Pos pengawasan dengan anggota yang hanya berjumlah dua orang saja.

Lebih jauh menurut Sumber, dalam hal ini Kepala Dishub Kabupaten Karimun, hendaknya sudah harus berpikir untuk melakukan pemindahan Kantor UPT. Dishub Kec. Kuba di Pusat Kota Kecamatan,” ucap Sumber yang diamini oleh beberapa rekannya.

Pantauan Viralutama.co.id dilapangan, memang keberadaan ruangan UPT. Dishub. Kec. Kuba di areal gedung BUP kurang tepat sasaran jika dikaitkan dengan Tupoksi, dan didalam hal ini Kadishub Kabupaten Karimun sepertinya perlu segera menambah pos anggaran tahunan, yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, khusus untuk pembangunan Kantor UPT. Dishub Kecamatan Kuba, dan biarkan kantor yang dipinjam pakai saat ini, menjadi Pos UPT. Dishub Kecamatan Kuba Khusus Laut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *