Tindakan Anarkis Mantan Kakan Kemenag Langsa Telah Mencoreng Citra Pendidikan Agama Islam

Langsa, Viralutama.co.id-Tindakan anarkis yang diduga dilakukan oleh mantan Kemenag Langsa, Faisal Hasan Cs pada Sabtu (20/6/2020) sekitar pukul 10.15 Wib di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Langsa, berpotensi mencoreng citra dunia pendidikan  agama islam yang sedang berjalan di Aceh.

Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA-RI)  Chaidir Hasnallah,  yang didampingi Sekretarisnya  T.Syafrizal Minggu (21/7/2020) kepada wartawan menyampaikan, “pihaknya turut prihatin atas insiden yang terjadi di MUQ Langsa kemarin, akibat bias dari konflik Kepengurusan Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBUL) Langsa.”

Bacaan Lainnya

Chaidir Hasballah, menjelaska.”sebagai mantan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Langsa. Faisal Hasan, seharusnya tidak melakukan tindakan yang berbau anarkis dalam menyikapi konflik di Yayasan tersebut. Apalagi, konflik terkait dengan Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) Langsa sudah berada di ranah hukum.

Sebagai Ketua YDBU Tandingan yang Badan Hukumnya telah dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA) RI, Faisal Hasan seharusnya menghormati proses hukum serta tidak melakukan tindakan yang  yang tidak patut di contoh.”tegas Chaidir.

“ Jika Faisal Hasan merasa MUQ Langsa itu milik mereka, kan ada Hukum yang mengatur itu semua. Tindakan anarkis dengan menerobos paksa serta mengobrak-abrik MUQ sangat kita sesalkan dan sangat berpotensi mencoreng dunia pendidikan Islam yang sedang terbangun dengan baik di Aceh,” ujar Chaidir.

Menurutnya, Faisal Hasan Cs seharusnya dapat memberikan contoh yang baik terhadap generasi muda Islam di Langsa, dengan menghindari tindakan-tindakan yang tidak mencerminkan diri sebagai seorang intelektual dan mantan Pejabat utama di Kemenag Langsa.

“Kita juga tidak ingin MUQ Langsa yang punya reputasi baik dalam bidang pendidikan Islam, akan hancur akibat emosional pihak tertentu hanya karena memperebutkan Kepengurusan Yayasan,” demikian Chaidir Hasballah.

Sebelumnya, Faisal Hasan cs, Ketua Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) Tandingan, akhirnya dilaporkan ke Polisi oleh Mudir (Direktur) Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) Langsa.

Pos terkait