Terpilih Di Medan, Tgk Yusri S.Sos Pimpin Asosiasi Tuhapeut Jangka

  • Bagikan

Sumatra Utara – Mamfaatkan Moment kebersamaan diluar daerah, tokoh masyarakat dari 46 desa mengukuhkan susunan pengurus, Yusri S.Sos Aklamasi terpilih Jabat Ketua Asosiasi Tuhapeut tingkat Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, pemilihan digelar di hotel Grand Mercure Medan, Senin (15 Maret 2021).

Ketua Tuhapeut Gampong Meunasah Krueng Tgk. Fauzi R kepada Viralutama.co.id menyampaikan, Tuhapeut merupakan satu lembaga pengawas mendampingi pemerintah desa dalam setiap Gampong. Berdasarkan ada usulan terkait pengurus Asosiasi yang belum terbentuk.

Setelah dimusyawarahkan dengan semua Ketua Tuhapeut, maka menyimpulkan satu kesepakatan untuk memilih pengurus Asosiasi Tuhapeut Kecamatan jangka secara Aklamasi pada sesi jam istirahat pada Moment Bimtek di hotel Grand Marcure kota Medan, Minggu (14/3/2021).” ujar Tgk. Fauzi,”

Masih Tgk Fauzi, Adapun susunan pengurus dimaksud diantaranya, Tgk. Yusri S.Sos Sebagai Ketua, Tgk. Fauzi R (Wakil) Tgk. Zamri (Sekretaris) Tgk. Ramli sebagai Bendahara dalam kepengurusan Asosiasi Tuhapeut Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen untuk periode 2021-2026.

Keputusan bersama tersebut turut ditandatangani oleh tokoh masyarakat (Tuhapeut) yang mewakili 46 Gampong dalam kecamatan jangka terdiri dari, Tgk. Badri, Tgk. Ibrahim, Tgk. Mursal dan Tgk. Iskandar, Tokoh masyarakat Meunasah Krueng merincikan.

Ketua Tuhapeut Gampong Linggong kecamatan Jangka mengatakan, Terkait pemilihan Ketua Asosiasi Tuhapeut digelar di Medan, itu dikarenakan semua ketua Tuhapeut dari seluruh desa dalam kecamatan Jangka berada di Medan sedang mengikuti Bimtek.

Secara berkebetulan, untuk susunan pengurus Asosiasi belum lagi terbentuk, maka pada sela waktu istirahat kita manfaatkan untuk memilih pengurus Asosiasi Tuhapeut tingkat kecamatan. Sehingga secara Aklamasi terpilih sebagaai ketua dikecamatan jangka, pemilihan disaksikan dan disetujui oleh Tuhapeut dari 46 desa dalam kecamatan jangka.

Sementara salah satu Akademisi dari Kabupaten Bireuen (Syeh Khalil) ketika ditanyai wartawan Viralutama.co.id menyebutkan, seiring terbentuknya pengurus Asosiasi Tuhapeut dalam beberapa kecamatan, diharapkan untuk tingkat kabupaten sesegera mungkin dapat dibentuk susunan pengurus Asosiasi Tuhapeut di Kabupaten Bireuen.

“Dikarenakan, masih banyak aspirasi masyarakat yang belum terealisasi. Melalui satu wadah dibawah payung Asosiasi, setiap aspirasi masyarakat dapat ditampung untuk diajukan secara kolektif baik kepada DPRK mahupun Pemerintah, selain dapat mempengaruhi secara langsung terhadap regulasi terhadap keduanya (Pemkab dan DPRK).”tutur Dosen IAI Aziziyyah.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *