Petani Desa Bunin Kecamatan Serbajadi (Lokop) Keluh kan Jambatan Gantung Untuk produksi Pertanian

  • Whatsapp

Aceh Timur, – Sejumlah petani di dusun Ketibung dan dusun Karangkuda desa Bunin kecamatan Serbajadi/Lokop berharap kepada Pemerintah Aceh Timur dan Pemerintah Aceh Agar dapat secepatnya membangun sebuah jembatan gantung di sungai dusun Ketibung.

Pasalnya masyarakat dusun Ketibung dan dusun Karang Kuda Kurang lebih dari 130 KK yang berladang di seberang sungai Bunin Peureulak yang letaknya di dusun Ketibung desa Bunin tersebut dan lokasi perladangan masyarakat nya juga berseberangan dengan pemukiman penduduk.

Bacaan Lainnya

“Setiap hari nya masyarakat dusun Ketibung dan dusun Karang Kuda yang pergi ke ladang harus menyeberangai sungai BuninPeureulak yang lumayan lebar dan dalam juga harus menggunakan sampan.”

“Masyarakat tidak berani menyeberang tanpa menggunakan sampan sebab sungai Bunin Peureulak selain lebar dan dalam juga ada buaya nya, sejak tahun 2019 s/d 2020 yg lalu ada beberapa orang yang di terkam buaya di sungai Bunin Peureulak tersebut.”

“Sedang masyarakat di dusun Ketibung dan dusun Karang Kuda hampir 90 persen masyarakatnya petani yang menggantungkan ekonominya kepada bercocok tanam, yaitu seperti tanaman padi gogo. jagung, kedelai, pisang, kelapa sawet, pinang, karet, dan cacao, dengan luas Lahan sekitar 500 hektar yang digarap oleh petani di areal tersebut.”

“Setiap harinya masyarakat terus bergantian untuk mengangkit dan mengeluarkan hasil taninya melalui jalur sungai dengan menggunakan sampan untuk menyeberangkan hasil pertaniannya, untuk dijual kepada penampung.”

“Tapi yang sangat di sayangkan petani tersebut tidak pernah menikmati hasil tani yang maksimal oleh karna biaya yang dikeluarkan justru lebih besar untuk biaya langsir hasil pertanianya. Sehingga petani merasa sangat merugi bila dihitung lebih besar biaya operasional.”

“Kami Selaku ketua Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan KTNA kecamatan Serbajadi mewakili dari seluruh masysarakat petani di Serbajadi menyampaikan keluh kesah disini.”ungkap Bukhari Muslim.MH kepada wartawan Kamis(24/2/2021).

“Sangat diharapkan agar Sudi kiranya pemerintah untuk membangun sebuah jambatan gantung di dusun Ketibung pada thn 2021 ini untuk membatu dan memudahkan masyarakat petani didesa kami.”harapnya.

Perlu sedikit kami sampaikan kepada pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Timur yang bahwa jambatan gantung di dusun Ketibung Ini sudah berulangkali di usulkan sejak tahun 2016 lalu.” ucap Bukhari.

Sementara itu, Camat Serbajadi Syahdanur juga sudah pernah usukan jambatan gantung dusun Ketibung kepada pemerintah Aceh malah tahun 2020 yang lalu, dan juga sudah pernah turun tim Survai dari Bappeda Aceh yang di dampingi oleh Imum Mukim Bunin, Tuhapeut desa Bunin dan beberapa perangkat Setempat.”

“Menurut keterangan tim surve dari Bappeda Aceh itu jambatan gantung di dusun Ketibung akan di bangun pada tahun 2020 ini. Namun sampai Saat ini belum ada kami dapat berita tentang pembangunan jambatan gantung yang telah dijanjikan, ntah kapan di relisasikan.”

“Maka kami sangat berharap kepada pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Timur agar dapat kiranya merealisasikan pembangunan jambatan gantung di dusun Ketibung pada tahun 2021ini.” harap Bukhari Muslim MH ketua KTNA kecamatan Serbajadi Lokop.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *