Peningkatan Kapasitas, Tuha Peut dan Ketua Pemuda se-kabupaten Ikuti Bimtek di Medan

  • Bagikan

SUMUT – Bimtek (Bimbingan Teknik) Peningkatan kapasitas bagi Tuha Peut dan Pemuda Enterpreneur se-kabupaten Bireuen Tahun 2021, Kegiatan digelar melalui kerjasama BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) dengan Lembaga TIGA (Teknologi Informasi Gampong) berlangsung di 2 lokasi berbeda Sumatra Utara, Minggu (14 Maret 2021).

Direktur Eksekutif Lembaga TIGA melalui Koordinator M. Herizal kepada Viralutama.co.id mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka peningkatan kapasitas para peserta terkait tatacara (Teknis) pelayanan, Program hingga perencanaan menuju Indonesia maju dan Kabupaten Bireuen secara khusunya.

“Pelaksanaan kegiatan Bimtek digelar di dua lokasi berbeda dalam waktu yang bersamaan, Minggu (14/3) Untuk kalangan Tuha Peut berlangsung di hotel Grand Mercure, Jl. Sutomo No.1 Perintis Kecamatan Medan Timur. Sementara untuk unsur kepemudaan (Ketua Pemuda) digelar di hotel Grand Kanaya jalan Darussalam Sei Sikambing, Kota Medan Sumatra Utara,” jelas Herizal.

“Untuk kapasitas Tuhapeut, Bimtek dibuka secara langsung oleh Drs. Jalaluddin (Camat Kota Juang) mewakili Bupati Bireuen, sedangkan terhadap unsur kepemudaan dibuka oleh Ketua BKAD Kecamatan Jangka (Munawir) mewakili Koordinator BKAD Kabupaten Bireuen,”sebutnya.

“Pelaksanaan Bimtek dalam bentuk Seminar kit disertai TG (Kunjungan) ke Brastagi direncanakan selama 4 hari (13 s/d 16 Maret 2021) untuk gelombang pertama. Sejumlah 260an peserta hadir pada bimtek gelombang perdana ini dari kalangan Pemuda dan demikian juga dengan peserta unsur Tuhapeut,”

“Bimtek peningkatan kapasitas Interpreneur turut menghadirkan pemateri berkompeten guna terserapnya teknis bimbingan yang disampaikan kepada para peserta diantaranya, Anas Zulham Almansour cht MCH, Bustamam Ahmad PhD dan lainnya. Selain itu, pengawasan terhadap peserta juga diawasi dan sedikit penekanan khusus terkait keseriusan dalam mengikuti bimbingan,” Koordinator Lembaga TIGA menuturkan.

YS, salah satu peserta yang ditanyai wartawan mengatakan, “Banyak perbedaan dalam bimtek kali ini jika dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya. Pemateri yang dihadirkan mampu menghipnotis peserta melalui metode dan materi yang disampaikan, sehingga kami dari peserta hanyut dalam bimbingan yang dengan mudah untuk difahami,”

“Dengan harapan, semoga para peserta dapat menyerap semua materi bimtek, serta mampu mengimplementasikan ke masyarakat dan menjadikan materi tersebut sebagai landasan terhadap kemajuan diri dan desa, menuju desa yang produktif dari berbagai sisi. Sehingga kedepan akan lebih banyak muncul desa mandiri berlandaskan ilmu dan metode yang didapatkan dari bimbingan teknis,”ujar YS.

“Pada hari perdana gelombang pertama bimtek turut dihadiri para camat, intansi terkait, para pengurus BKAD selain pemateri dan para peserta yang terdiri dari Unsur Tuhapeut dan Kepemudaan di kedua lokasi pelaksanaan bimtek, baik di hotel Kanaya dan Grand Mercure, kota Medan Sumut.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *