Pengerjaan Galian Pipa Jargas Di Langsa Abaikan Keselamatan Kerja Dan Pengguna Jalan

Langsa, Viralutama.co.id-Pekerja galian jaringan gas (Jargas) di Langsa rata rata tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) diduga konsultan pengawas proyek tersbut abaikan keselamatan kerja.

Sejumlah pekerja galian jargas yang sedang menggali lubang tidak mengenakan APD untuk melindungi dirinya.

Bacaan Lainnya

Diketahui, proyek pengerjaan pemasangan pipa jargas sambungan rumah dilingkungan Pemko Langsa yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya selaku pelaksana dan PT Amythas sebagai konsultan pengawasnya.

Amatan wartawan, Selasa 20 Juli 2020, di sejumlah titik terlihat para pekerja galian tidak mengenakan masker, sepatu, sarung tangan dan pelindung mata yang merupakan bagian utama yang harus dilindungi oleh pekerja, sesuai dengan UU ketenagakarjaan.

General Affair PT Adhi Karya, Surya saat dikonfirmasi wartawan. Selasa 21 Juli 2020 melalui pesan Whatsapp menjawab, “APD lengkap, tp khusus yang gali dan Ngerojok sesui keluhan pekerja, tdk bisa maksimal jika hrs pakai sepatu, helm atau kaca mata,”

Sementara, Leader Konsultan Pengawas (PMC) PT Amythas Langsa, Yusrizal mengatakan akan segera menyampaikan ke pihak pelaksana.

“Akan saya sampaikan ke kontraktor nya,” jawabnya singkat.

Selain itu juga pantauan dilapangan  pihak pelaksana  terkesan mengabaikan keselamatan masyarakat penggunta  jalan sebab sejumlah lubang yang digali untuk Jaringan gas rumah tangga terlihat menganga tanpa ada rambu rambu pengaman atau polis line, sehingga sangat membahayakan para pengguba jalan.*

Pos terkait