Muzakkar A. Gani,Pengawasan Titik Hotspot Perioritas Cegah Karhutla

  • Whatsapp

Bireuen – Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Pemkab Bireuen gelar Apel Pasukan libatkan, TNI/POLRI, BPBD, Basarnas disertai dimulasi pemadaman api. Bupati Bireuen harapkan lokasi titik panas (Hotspot) sebagai perioritas pengawasan sebagai upaya pencegahan, Selasa (9 Maret 2021).

Bupati Bireuen H. Muzakkar A. Gani dalam sambutannya menyampaikan, Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, lokasi titik panas (Hotspot) di beberapa kecamatan perlu pengawasan dari masa ke semasa sehingga tidak terjadi keterlambatan pemadaman jika suatu waktu terjadinya kebakaran.

Bacaan Lainnya

“Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bireuen, setiap titik panas tersebut diperlukan pengawasan dari masa ke semasa. Sehingga jikapun kebakaran terjadi, kita telah berupaya dalam bentuk pengendalian untuk pencegahan. Sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pemadaman,”sebut Bupati Bireuen.

“Kepala pelaksana BPBD, Teguh Mandiri Putra S.STP kepada Viralutama.co.id mengatakan, Terdeteksi adanya titik panas (Hotspot) yang lokasinya tersebar di beberapa kecamatan diantaranya, Jeunieb, Peudada, Juli dan Kecamatan Peusangan,”

“Untuk itu, Dukungan dari semua unsur santan diperlukan untuk bergerak melakukan deteksi dini, serta terus memantau area rawan panas. Sehingga informasi terkait kondisi disetiap lokasi dapat diperbaharui dari waktu ke sewaktu, baik di kabupaten, Kecamatan hingga ke desa,” ujar Teguh.

Dikatakan Teguh,”Terhadap pengawasan dan pemantauan disetiap lokasi Hotspot, peran serta dan dukungan dari pemerintah, TNI/Polri sangat diharapkan. Sehingga upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.”

“Walaupun kita tahu bersama bahwa, sebahagian dari kebakaran yang terjadi diantaranya diakibatkan oleh manusia, dikarenakan masyarakat para petani sering melakukan penataan lahan dan pembakaran secara terbuka,” tambah Teguh.

Apel pasukan dalam rangka pencegahan Karhutla disertai simulasi pemadaman api dan penyerahan piagam penghargaan kepada personel Armada Damkar digelar di halaman pendopo Bupati setempat. Kegiatan turut dihadiri Dandim 0111, Kapolres, Ketua PN, PLH Kajari, SKPK, selain personel Damkar dan BPBD, Basarnas dan Rapi, Teguh Mandiri Putra menuturkan.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *