Masyarakat Bunin Mengharapkan Bides PNS dan Pembangunan Pustu di Karang Kuda

  • Whatsapp

Aceh Timur, – Masyarakat dusun Ketibung dusun Karangkuda dan dusun Jamur Batang desa Bunin kecamatan Serbajadi kabupaten Aceh Timur Propinsi Aceh mengaharapkan Bidan PNS untuk tinggal menetap di Puskesdes Karang Kuda dan mengusulkan pembangunan Pustu di Karangkuda.
.
Tgk husin ( Aman Sunar) tokoh masyarakat dusun Ketibung desa Bunin kecamatan serbajadi menyampaikan dan dirinya mengaku sangat mempriatinkan melihat nasib nya para Ibu ibu hamil dan Ibu ibu yang melahirkan serta belita yang sangat membutuh kan perwatan bidan. Ungkapnya kepada wartawan Senin(22/3/2021).

Pasal nya di tiga dusun tersebut sudah sangat lama tidak ada bidan yang tinggal dan menetap di Puskesdes Karangkuda,
setiap ibu ibu hamil dan ibu ibu yang melahirkan serta anak anka belita sangat membutuhkan bantuan bidan selalu tidak ada bidan, yang ada hanya perawat kesehatan.

Bacaan Lainnya

Jadi terpaksa ibu ibu hamil memeriksakan kehamilanya harus pergi ke kelinik Swata di kecamatan Peunaron, begitu juga dengan nasib Ibu ibu yang mau melahirkan terpaksa di bantu oleh bidan kampong di rumah masing masing atau membawa pergi untuk melahirkan kepuskesmas di Peunaron atau ke kelinik Swasta di Peunaron.

Hal itu di karnakan di Puskesdes Karangkuda tidak ada bidan adapun yang yang ada bidan tenaga bhakti yang di tugaskan oleh Puskesmas Serbajadi di Puskesdes karangkuda yang tidak tinggal di Karangkuda tinggal nya di desa Arul Durin tidak tinggal di Karangkuda, itu pun kadang dalam satu Minggu datang hanya sekali ke Puskesdes.

Selama ini yang kami lihat yang Aktif tingal di Puskesdes Karangkuda hanya pak H Mahidin sebagai petugas perawat kesehatan memeriksa para ibu ibu yang sedang hamil dan tangani ibu ibu yang melahirkan bisa di bantu oleh perawat kesehatan.”Ungkap tgk Husin.

“Tgk husin berharap Puskesdes Karangkuda untuk di tempatkan bidan yg menetap beserta perawat kesehatan di Puskesdes Karangkuda.”Harap t
Tgk Husin.

Sementara itu Bukhari Muslim
MH, tokoh masyarakat Serbajadi Lokop juga juga penduduk dusun Karangkuda desa Bunin kecamatan Serbajadi menyampaikan bahwa.”di Puskesdes Karangkuda ini sangat dibutuhkan segera dan di tempatkan bidan yang PNS atau bidan yang tinggal menetap bersama perawat kesehatan di Puskesdes Karangkuda. Karna kebututuhan pasien yang datang ke Puskesdes tidak tentu siang tidak tentu malam bukan hanya untuk berobat Saja juga yang datang ke Puskesdes banyak juga para ibu yang memeriksakan kehamilanya serta ada ibu ibu yang mau melahirkan dan ada belita yang butuh perawatan oleh bidan.”ungkapnya.

“Seperti kejadian Tgl 15 Maret 2021 kemarin anak abang kandung saya yang bernama Sinar Payong Spd, sudah tiga hari tiga malam terbaring di rumah mau melahirkan padahal sangat membutuhkan pertolongan dari bidan, oleh karna bidan tidak ada ditemlat terpaksa di bawa ke klinik Delima Peunaron untuk di periksa kehamilanya dan Akhirnya di bawa Ke Rumah Sakit Gerahabunda Idi untuk di periksa tanpa ada di dampingi oleh bidan desa.” katanya.

“Ternyata sampai di Rumah Sakit Gerahabunda Idi Harus Segera di Oprasi.”imbuhnya.

“Begitu juga dengan Karmila warga dusun Karangkuda kemarin tgl 19 Maret 2021 tiba tiba terjadi pendarahan keguguran kandungan. Padahal sangat membutuhkan pertolongan oleh bidan akan tetapi karna bidan tidak ada di tempat terpaksa saya sendiri yang harus langsung menghubungi pihak Puskesmas Serbajadi meminta pertolongan untuk segera mengirimkan Ambulance untuk membawa pasien tersebut di rujuk ke Rumah Sakit Gerahabunda di Idi.”

“Kami sangat berharap kepada kepala dinas Kesehatan kabupaten Aceh Timur Agar sudi kiranya menempatkan bidan PNS di Puskedes Karangkuda.”

“Selain penempatan bidan
PNS di puskesdes Karangkuda juga masyarakat dusun Ketibung dusun Karangkuda dan dusun Jamur Batang desa Bunin kecamatan Serbajadi kabupaten Aceh Timur, mengingat luasnya wilayah kerjanya Puskesdes k
Karangkuda sepertinya sudah tidak layak lagi kalau setatusnya sebagai Puskesdes oleh karna Puskesdes Karangkuda yang di bangun tahun 2008 Ini sangat luas wilayah nya.”papar Bukhari Muslim.

“Jumlah jiwanya mencapai 1238 jiwa dan jumlah KK 172 KK sedangkan jumlah rumah penduduk sebanyak 157 rumah.
Sedangkan Jumlah petugas hanya satu (1) Orang perawat kesehatan. Jarak dari p
Puskesmas Serbajadi Lokop sejauh 31 Km.”

“Sementara itu Jarak dari Puskesmas kecamatan Peunaron sejauh 13 Km. Dan jarak dari RSUD Zubir Mahmud Idi sejauh 80 Km.”

“Untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tiga dusun ini kami mohon kepada d
Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Timur dan dinas kesehatan propinsi Aceh agar sudi kiranya membangun satu unit Pustu di Karangkuda pada tahun 2021 harap.” Bukhari Muslim. MH.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *