Masyarakat Antusias Sambut Pembukaan STQ ke 23 Desa Buruk Bakul

Viralutama.co.id,Bengkalis — Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Desa Buruk Bakul ke-23 yang dibuka oleh Camat Bukit Batu, Acil Esyno disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Pembukaan yang diisi dengan berbagai acara tersebut dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Penghulu Kitam, Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Kamis malam, 04 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kepala Desa Buruk Bakul, Sunario mengatakan bahwa generasi muda merupakan penerus bangsa yang harus memiliki jiwa Qur’ani.

Maka itu, sambungnya, ia berharap generasi muda di Desa Buruk Bakul pada khususnya harus menjadi generasi yang mencintai Al-Quran.

“Mari kita bumikan Al-Quran guna mewujudkan masyarakat madani menuju kemakmuran berjiwa qur’ani,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah peserta yang mengikuti STQ ke-23 adalah sebanyak 48 peserta yang berasal dari 6 RT. Masing-masing RT mengutus peserta sebanyak 8 orang.

Sementara itu, Camat Bukit Batu, Acil Esyno dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap desa dan kelurahan di Kecamatan Bukit Batu mempunyai bantuan keuangan khusus melalui Dana Bermasa yang berjumlah 1 miliar untuk setiap desa dan kelurahan.

Dari 1 miliar dana tersebut, kata Acil lagi, 60 persennya diperuntukkan bagi pembangunan fisik di desa dan kelurahan, 32 persen untuk pemberdayaan dan 8 persennya untuk pembinaan.

Maka itu, setiap desa bisa menyediakan anggaran untuk penyuluh agama.

“Melalui penyuluh agama ini, kita berharap, masyarakat khususnya generasi muda dapat lebih terbina sehingga akan menjadi generasi muda penerus bangsa yang Islami dan selalu mengedepankan Ukhuwah Islamiah,” pungkasnya.

Di penghujung acara, Camat Bukit Batu memberikan hadiah bagi anak-anak dan kaum ibu serta kaum ayah yang bisa menjawab pertanyaan seputar ayat-ayat suci Al-Quran dan Fiqih.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Anggota DPRD Bengkalis, Zuhandi, Kapolsek Bukit Batu diwakili oleh Kanit Binmas AKP Khairul Anwar, Danramil 05/Bukit Batu diwakili oleh Babinsa Buruk Bakul Kopda Syahril M, Kepala Desa Batang Duku, Sapri, Ketua BPD Buruk Bakul, Ispandi, Bhabinkamtibmas Desa Buruk Bakul Bripka Richi Sagita, Ketua Panitia Pelaksana STQ Yusri, para Perangkat dan Staf Desa Buruk Bakul serta ratusan masyarakat dan undangan lainnya.

zjn

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.