Lima Bakal Calon Rektor Unsam Lolos Seleksi Administrasi

  • Whatsapp

Langsa – Menjelang berakhirnya masa jabatan Rektor Universitas Samudra (Unsam) Langsa Dr. Bachtiar Akob, M.Pd masa jabatan Tahun 2017-2021 Panitia Pemilihan Rektor yang di Ketuai Oleh Dr.Bukhari,S.Pd.M,Pd telah menerbitkan pengumuman penjaringan dan penyeleksian calon Rektor masa Jabatan 2021-2025 yang di mulai pembukaan pendaftarannya dari tanggal 16 April 2021 dan berakhir sampai dengan Tanggal 05 Mei 2021 jam 12.00 WIB.

Pemilihan Rektor di Universitas Samudra (Unsam) Langsa sesuai dengan Peraturan Mentri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) No.19 Tahun 2017 jo No.21 Tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi sesuai juga dengan peraturan Senat Universitas Samudra No.01 Tahun 2021 dan berdasarkan itu semuanya kemudian pemilihan Rektor dilakukan minimal 5 bulan sebelum masa terakhir itu sudah di bentuk panitia, dan saat ini sudah memasuki 4 bulan terakhir selanjutnya kita melaporkan hal ini ke Kementrian karena bakal calon ini ada massa melakukan pemaparan Visi Misi sesuai jadwal yang sudah diterangkan di papan pengumuman.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil verifikasi penjaringan Bakal Calon dengan berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh Panitia Pelaksana Pemilihan 5 kandidat yang mencalonkan diri semuanya lulus dalam penjaringan verifikasi dari tanggal 06 sampai tanggal 17 Mei 2021 dan layak untuk mengikuti pencalonan Rektor Universitas yang akan di gelar selanjutnya.

“Jadi yang saya dengar suhu politik meningkat dalam penjaringan penyeleksian bakal calon kandidat rektor tahun 2021 – 2025 itu tidak benar karena dari 5 Bakal Calon Rektor yang mendaftar semuanya lulus dari penjaringan verifikasi tersebut.”

“Pemilihan calon Rektor kemungkinan akan di lakukan di bulan Agustus mendatang setelah usainya beberapa tahap yang di lalui oleh beberapa calon yang dianggap layak untuk maju sebagai Rektor di Universitas Samudra (Unsam) Langsa.”

“Pengumuman Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Samudra Langsa Tahun 2021 akan di gelar dan para Kandidat Rektor telah melengkapi Persyaratan sesuai yang diterbitkan oleh pihak panitia seleksi penjaringan Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Samudra Langsa.”

“Adapun nama nama 5 (lima) Kandidat Calon Rektor Universitas Samudra (UNSAM) Langsa yang telah lulus verifikasi dan lulus administrasi adalah:

1.Dr. Ir. Hamdani, MT. asal Perguruan Tinggi dari Universitas Syiah Kuala.
2.Dr. Asnawi, S.Pd,M.Pd berasal dari Universitas Samudra
3.Dr. Nurlina, SE. MSi berasal dari Universitas Samudra
4. Dr. Saiman, MPd dari Universitas Samudra
5. Dr. Muhammad Nasir, SH, MH dari Universitas Samudra.

Dr. Bukhari juga menjelaskan kelima kandidat Calon Rektor Priode 2021-2025 hanya satu yang tidak berasal dari Universitas Samudra dan kesemuanya sudah lulus verifikasi juga tertib administrasi juga sudah menjabat sebagai jabatan Fungsional Lektor Kepala dan berhak melaju ke tahap selanjutnya.

Selain itu Ketua Panitia Bukhari juga berharap kepada seluruh kandidat agar jalan terus sesuai peraturan yang telah ditetapkan sesuai jadwal kemudian, apa bila mereka menguraikan Visi Misinya dihadapan Senat dan dianggap luar biasa juga di hadapan Menteri dianggap luar biasa juga maka tidak ada yang bisa menghalangi kelulusannya.

Dalam peraturan ini suara senat 65% dan suara Mentri atau mewakili mentri 35% dan untuk aturan pertama hanya 3 (tiga) calon yang berhak maju di tahap selanjutnya artinya dari lima Calon Kandidat Rektor, 2 orang akan tereliminasi.

Untuk itu maka penjabaran Visi dan Misi itu harus benar benar membuat para Senat dan Mentri atau perwakilan Mentri bisa tertarik dalam artikata menjabarkan segala kemampuan yang akan diterapkan di Universitas Langsa ini apa bila terpilih menjadi rektor nantinya.

Dr. Bukhari, S.Pd.M.Pd sebagai Ketua Panitia Seleksi Penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Samudra pada Priode 2021-2025 juga mengatakan kepada wartawan bahwasannya Pemilihan Rektor yang diadakan pada waktu yang telah ditentukan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) yaitu di sekitar Bulan Agustus 2021 mendatang.

Penyerahan Visi dan Misi diberi batas dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 28 Mei 2021 dan peserta dianggap gugur apabila tidak hadir dalam pemaparan Visi Misi dihari yang telah ditentukan oleh Panitia.

Cuma di masa Vandemi Covid – 19 ini apa bila Mentri tidak dapat hadir atau yang mewakili maka pemilihan Rektor akan dilakukan melalui daring atau Vidcom dan itu sudah disediakan oleh pihak panitia di Universitas Samudra Langsa ungkapnya.

Semoga sama sama kita harapkan Pemilihan Rektor masa Jabatan 2021-2025 berjalan sesuai rencana dan mendapatkan seorang Pemimpin yang amanah di Universitas Samudra (Unsam) Langsa ucapnya.

Tim Panitia Pemilihan Rektor Universitas Samudra (Unsam) Langsa sebagai berikut: Ketua Dr.Bukhari, S.Pd.M.Pd, Sekretaris Syamsul Bahri SP,MP. L, Anggota Dr.Fuadi,SH.MH, Zainal Arif, ST, MT., dan Muhammad Rizqi Zati, S.Pd, M.Si.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *