Kadinkes Aceh Timur Kunjungi Warga di Desa Bunin Serbajadi Lokop

  • Bagikan

Aceh Timur, – Kapala dinas kesehatan kapupaten Aceh timur Sahminan SKM.M.Kes beserta rombongan kunjungi warga di 3 dusun di Karangkuda desa Bunin kecamatan Serbajadi Lokop kabupaten Aceh timur Selasa 30 Maret 2021. Kemarin.

Dalam kunjungan nya, Sahminan mengatakan,” kepada warga di Karangkuda
Kedatangan kepala dinas sesehatan Aceh timur ke Karangkuda menyikapi dari beberapa media yang mengabarkan terkait dengan Informasi keluhan masyarakat tentang pelayanan kesehatan di dusun Ketibung dusun karangkuda dan dusun Jamur Batang desa Bunin kecamatan Serbajadi serta melakukan silaturahmi dengan masyarakat. Oleh karna Karangkuda ini masih wilayah kerjanya dinas kesehatan Aceh timur makanya kami datang ke karangkuda Ujar.”Sahminan.

“Setelah melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat Sahminan mengakui salah satu penyebab munculnya permasalahan di Puskesdes Karangkuda gara gara mis comunikasi di antara petugas dengan masyarakat setempat.”jelasnya.

Di dalam pertemuan ini juga Sahminan menerima beberapa usulan dari masyarakat setempat terkait solusi ke aktipan pelayanan kesehatan masyarakat di dusun Ketibung dusun Karang kuda dan dusun Jamur batang.

Adapun solusi yang di usul kan oleh masyarakat kepala dinas kesehatan Aceh timur antara lain sebagai berikut.:
1.Petugas kesehatan/Bides harus Aktif 24 jam di Puskesdes Karang kuda.

2. Setiap Ibu ibu yang melahirkan dapat di tangai langsung oleh Bides di Puskesdes Karangkuda apa bila persalinan nya normal.

3.Mengadakan pelatihan untuk beberapa orang bidan kampong yang telah banyak selama ini membantu Ibu Ibu yang melahirkan di dusun Karangkuda dan sekitarnya menjadi bidan terlatih, untuk bekerja membantu bides di dusun Karang kuda dan sekitarnya.

4. Selanjutnya masyarakat berharap bila persalinan tidak dapat di tangani di Puskesdes Karangkuda di mohon Dinkes Aceh timur untuk merubah rujukan BPJS masyarakat dusun Ketibung dusun Karangkuda dan dusun Jamur batang untuk merubah Paskes satu nya ke Puskesmas kecamatan Peunaron yang terdekat untuk mempermudah pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di tiga dusun tersebut.”

“Oleh Karna jarak tempuh perjalanan dari Puskesdes Karangkuda ke Puskesmas Serbajadi Lokop sangat jauh yang jaraknya mencapai sejauh 31 Km, semantara jarak tempuh perjalanan ke Puskesmas kecamatan Peunarun hanya sejauh 12 Km, dan bila ada pasien yang mau melahirkan kalau harus di rujuk ke Puskesmas Serbajadi Di Lokop harus menempuh perjalanan yang begitu jauh nya dengan kondisi jalan rusak dan keriting.”

“Dan Jika sampai di Puskesmas Serbajadi harus di Rujuk lagi terpaksa harus di bawa kembali kekarangkuda sampai ke Idi berarti sudah menempuh perjalanan sejauh 120 Km di tambah perjalanan dari Puskesdes Karangkuda ke Puskesmas Serbajadi Lokop 31 Km lagi berati harus menempuh perjalanan sejauh 151 Km sampai ke RSUD Zubir Mahmud Idi.”

“Padahal bila rujukan Paskes 1 BPJS ke Peunaron jarak tempuh perjalanan dari Puskesdes Karangkuda ke Puskesmas Peunaron hanya sejauh 12 Km dari Puskesmas Peunaron ke RSUD Zubir Mahmud Idi hanya sejauh 72 Km berati dari Puskedes Karangkuda sampai ke RSUD Zubir Mamud Idi hanya sejauh 84 Km cuma setengah perjalanan bila di bandingkan dengan rujukan kepuskesmas Serbajadi Lokop.”

“Dari sejumlah usulan masyarakan tersebut Sahminan kadinkes Aceh timur langsung menjawab, sudah menempatkan Bidan kontrak yang akan tinggal menetap 24 jam di Puskesdes Karangkuda
dan mengaku Akan berusaha untuk membantu pasilitas dan alat alat untuk ibu ibu yang akan melahirkan di Puskesdes Karangkuda mudah mudahan nantinya ibu ibu di Karangkuda dan sekitarnya bisa melahir di Puskesdes Karangkuda.”

“Dan juga akan berusaha mengadakan pelatihan bidan terlatih nantinya bisa membantu kenerja bides di Karangkuda. “ungkap Sahminan di sampaikan di dalam pertemuan tersebut.

“Masysarakat berharap sangat kepada dinas kesehatan Aceh timur atas realisasinya beberapa usulan tersebut demi membaiknya dan maksimalnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat dusun Karangkuda dsn sekitarnya.” Sebut Bukhari Muslim MH.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *