Langsa, Viralutama.co.id– Jhoni warga Jln. Al – Kahar Gampong Daulat Kecamatan Langsa Kota, Pemko Langsa. Merasa kesal dengan tingkah Geuchik setempat, sebab sudah berulang kali menanyakan apa sebab dirinya tidak mendapat BLT DD.

Jhoni, mengaku dirinya bekerja tidak menentu dan dirinya termasuk dalam katagori warga miskin dampak dari COVID – 19 tetapi tidak mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD)

Bantuan BLT DD yang di salurkan oleh Geuchik Gampong Daulat diduga tebang pilih, dan alasan keuchik tidak memberikan dirinya BLT DD di sebabkan ia sudah tinggal di kampung lain.”

“Padahal KK dan KTP kami masih warga Gampong Daulat dan belum pernah mengambil surat pindah, ” katanya.18/06/2020

Padahal bila melihat warga yang lain, kondisinya sama seperti dirinya yang statusnya warga Gampong Daulat namun tidak menetap di kampong Daulat, tinggal di Gampong lain namun KK, KTP masih tetap warga kampong Daulat.

“Ironisnya mengapa mereka mendapatkan BLT DD, dan kenapa saya tidak, inikan Geuchik pilih kasih namanya. Dan yang anehnya justru saya di suruh lapor ke Kantor Camat oleh keuchik,”ungkap Jhoni.

Dengan harapan dirinya bisa mendapat BLT DD tersebut.

“Apalagi kondisi sulit seperti saat ini sangat mencari nafkah untuk keluarga terlebih – lebih di masa Pandemi Covid -19, ” sesuai dengan instruksi Presiden Ir. H. Joko Widodo bila masyarakat tidak mendapatkan BLT DD laporkan ke kantor Desa /Gampong.”tuturnya.

“Mereka mendapatkan BLT DD, kenapa saya tidak di berikan oleh Geuchik inikan Geuchik pilih kasih, dan anehnya malah saya di suruh lapor ke Kantor Camat oleh Geuchik, ” ujar Jhoni.

Mementara itu keuchik kampong Daulat Zainuddin melalui WhatsApp nya menjelaskan,”Jhoni tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai(BLT) sebab ia sudah tidak menetap lagi di Gampong Daulat.

“Walaupun KK dan KTP nya masih warga Gampong Daulat. Dan itu ada aturannya, jika ingin tahu aturannya, silahkan ditanya ke kantor Camat,”ucapnya Zainuddin Geuchik Gampong Daulat singkat.

Menurut Zainuddin Geuchik Gampong Daulat ada aturan di Kantor Camat, selanjutnya wartawan, melakukan konfirmasi kepada Camat Langsa Kota, Hery Setiawan, SSTP, MAP menjelaskan, terkait dengan penyaluran BLT DD/ Gampong Daulat bagi warga yang tidak menetap di kampong setempat, namun KK, dan KTP masih di kampong Daulat, tidak mendapatkan BLT DD, itu tidak ada aturan.”jelasnya.

“Dan atas warga yang tidak menetap di Gampong tersebut, bisa di salurkan BLT DD atau tidak. Itu Geuchik dan kepala dusun yang lebih bertanggung jawab pada saat penataan, bukan Camat,”tegasnya.

“Biasanya sebelum di salurkan BLT DD di tingkat Gampong  sudah di lakukan musyawarah siapa – siapa yang berhak menerima untuk BLT DD. Hasil musyawarah dan kesepakatan, bukan atas aturan tidak ada aturan, hasil kesepakatan musyawarah Gampong, “pungkas Hery Camat Kota.

Pernyataan Zainuddin Geuchik Gampong Daulat yang mengatakan warga yang tidak menetap di Gampong setempat, meskipun KK dan KTP nya masih di Gampong setempat, tidak bisa di salurkan BLT DD dikatakan sda aturan di Kantor Camat.

Namun setelah wartawan, melakukan konfirmasi kepada Camat, ternyata Camat justru menyatakan itu tidak ada aturan nya.

Dalam hal ini diduga sosok Zainuddin, Geuchik Gampong Daulat diduga telah melakukan pembohongan Publik.