BUP DINILAI GAGAL KELOLA PELABUHAN TG. MAQAM, RUANG TUNGGU, PELABUHAN, SENG DAN TV. DALAM KEADAAN RUSAK

  • Whatsapp
Terlihat Kerusakan Demi Kerusakan Pelabuhan Tg. Maqom dibawah Pengelolaan BUP ( Doc : Azwan )

Karimun– Kondisi Pelabuhan Tanjung Maqom Selat Belia Tanjung Batu Kundur, yang dikelola oleh Badan Usaha Kepelabuhanan ( BUP. ). kondisinya saat ini cukup memprihatinkan, kerusahan demi kerusakan diberbagai sudut bangunan, dermaga dan ruang tunggu penumpang, Toilet ( WC ), Get ( Pintu keluar masuk kendaraan. ) serta sarana pendukung, seperti TV kesemuanya didalam keadaan rusak, dan sepertinya tidak ada upaya untuk segera diperbaiki, sementara uang pelabuhan dari kendaraan roda dua dan empat yang keluar masuk tetap dipungut, sedangkan dana perawatan tidak ada.

Demikian dikatakan beberapa penumpang yang hendak berangkat menggunakan jasa Pelabuhan Tanjung Maqom yang tidak mau disebutkan namanya Rabu (09/06) Siang, ketika diminta tanggapan dan komentarnya menurut Sumber, padahal pelabuhan Tanjung Maqom bagi BUP, merupakan salah satu pelabuhan andalan dan pemberi Dana Kepada BUP tergolong besar, disamping pelabuhan lain yang juga dikelola oleh BUP, hanya saja yang sangat dikecewakan dari Pengelola BUP, sepertinya dana dari hasil keberadaan pelabuhan diambil, tetapi perawan dan pemeliharaan pelabuhan serta gedung tidak ada,” kata sumber kesal.

Coba kita usut satu-persatu kerusakan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Maqom, dibawah koordinasi BUP,” ujar sumber :

  1. Tumbangnya tiang penyangga Ponton tempat bersandarnya Speed Boad, hal ini jangan dianggap sepele, karena beresiko makin melebarnya kerusakan.
  2. Seng tempat pejalan kaki menuju dermaga ponton sebahagian diantaranya sudah tidak layak pakai dan berlubang disana-sini, jelas Sumber.
  3. Belum lagi Plafon Gedung Ruang Tunggu Penumpang yang sudah rusak dan jatuh gibsunnya dan ini sudah berlangsung lama.
  4. Begitu juga TV ruang tunggu penumpang, alhamdulilah tidak bernah menyala, dan biasanya TV akan hidup jika ada pembesar yang datang, setelah pulang TV akan rusak kembali.
  5. Toilet dan atau WC Umun khusus Pria sudah hampir tiga tahun tidak dapat dipergunakan dan kondisinya didalam keadaan rusak.
  6. Pintu Get tempat keluar-masuknya kendaraan diareal pelabuhan, sudah lama tidak berpungsi kembali,” jelas sumber.

Kesemua kerusakan yang disebutkan tersebut, belum termasuk kerusakan lain, yang tidak begitu ditanggapi dengan serius oleh Pengelola BUP unruk segera diperbaiki.” Tutur Sumber.

Jika begini cara kerja Managemen Pengelola BUP, didalam memberikan pelayanan tanpa adanya kenyamanan kepada warga pengguna jasa pelabuhan, wajar hampir semua pelabuhan dibawah pengelolaan BUP tidak akan pernah tumbuh, maju dan berkembang,” ucap Sumber yang diamini oleh beberapa penumpang lain.

Sumber lain menyatakan, dirinya pernah parkir mobil dan bermalam dipelabuhan Tanjung Maqom karena ada urusan di Karimun, besok harinya disaat pulang dirinya ( Sumber-Red ) sangat terkejut, dimana kondisi mobil kepunyaannya sudah tergores dari depan sampai kebelakang mobil, dengan kejadian tersebut, untuk kedepannya sumber tidak kagi berani memarkirkan kendaraan, apalagi sampai bermalam, karena menurut sumber penjaga malam di Pelabuhan Tg. Maqom berarti kurang mengerti akan besarnya tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada dirinya,” ungkap Sumber.

Dirempat terpisah Plt Ka Unit BUP Tanjung Maqom Sudarto, ketika hendak dijumpai dan diminta tanggapannya oleh Viralutama, menurut Staff Plt Ka Unit BUP Tanjung Maqom sedang tidak berada ditempat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *