Bidan Jarang Masuk Puskesdes Karangkuda Selalu Tutup Dan Kosong

  • Whatsapp

Aceh timur,- Pudkesdes Karangkuda yang sebelumnya telah diberitakan beberapa waktu lalu, kekosongan bidan, yang hingga kini Jum’at 26 Maret 2021 masih belum terisi. Hal tersebut disampaikan olah Bukhari Muslim MH, selaku tokoh masyarakat Serbajadi Lokop Jumat(26/03).

Lanjut Bukhari. “Pasal nya tadi saya pulang dari masjid shalat Jum’at kepala saya terasa sakit jadi pergi ke Puskesdes mau berobat namun sampai di Puskesdes saya hanya temukan pak Mahidin petugas kesehatan yang tinggal di puskesdes tersebut lalu saya minta tolong untuk di cek tensi darah saya sekalian minta obat sakit kepala.”sebut Bukhari.

Bacaan Lainnya

“Lalu pak Mahidin pun menjawab aduh obatnya tidak ada lagi sudah habis katanya. Sebenarnya obat ada di ruang periksa tapi kuncinya di bawa oleh ibuk bidan ke desa Aruldurin dirumahnya diapun gak masuk hari ini pun kata pak Mahidin,”

“Kemudian saya cek pintu
kamar nya dan memang benar benar dalam posisi digembok, lalu saya tanya lagi kepada pak Mahidin, ibu bidan itu kapan masuknya, dijawab saya tidak tau karna dia tidak pernah bilang ke saya datangpun ke Puskesdes ini tidak pernah mau bicara sama saya entah kenapa.”Jawab pak Mahidin.

Tak lama kenudian datang para Ibu ibu yang lagi hamil dan mengatakan kepada saya,” kek ginilah dari dulu ibu bidan itu setiap kami membutuhkan pertolonganya selalu dia tidak ada di sini memang kalau hal kekosongan bidan dan permasalahan di Puskesdes Karang kuda ini sudah berulangkali kami sampaikan kepihak puskesmas Serbajadi untuk turun ke Puskesdes Karang kuda untuk membenahi kenerja bidan di puskesdes Karangkuda.”

“Akan tetapi sampai saat ini belum ada yang datang untuk membenahinya, maka selama ini para Ibu ibu hamil di Karangkuda, Ketibung dan Jamur Batang bila ada yang perlu melakukan pemeriksaan kandungan mereka harus ke ke klinik Delima Peunaron juga ada yang ke Peureulak serta ada yang ke Idi.”

“Begitu juga ibu ibu yang akan melahirkan ada yang melahirkan di Puskesmas Peunaron. Ada yang ke Idi serta ada yan ke Peureulak, bahkan ada yang melahirkan dengan jasa dukun beranak di rumah masing masing.”

” Sesuai data ibu ibu yang melahirkan ditahun 2021 ini ternyata tidak ada satu orangpun yang melahirkan di Puskesdes Karangkuda atau di Puskesmas Serbajadi Lokop,Ada sekitar 9 orang Ibu yang melahirkan di dusun Karangkuda ditahun 2021,
Dan 4 orang Ibu melahirkan dengan jasa dukun beranak di rumahnya masing masing. ”

“Kemudian 3 orang ibu yang melahirkan di Puskesmas Peunaron, 2 orang melahirkan di rumah sakit Geraha Bunda Idi
Selanjutnya 1 orang ibu melahirkan di Puskesmas Peureulak. Dan 2 orang ibu yang keguguran kandungan.”papar Bukhari.

“Dari data diatas tersebut khusus penduduk dusun Karangkuda belum termasuk ibu ibu dari dusun Ketibung dan Jamur Batang.”

“Untuk menghindari meningkat nya kematian bayi dan demi menjaga keselamatan nyawa para ibu hamil di Aceh timur,
Maka kami mewakili dari seluruh masyarakat dusun Ketibung dusun Karangkuda dan dusun Jamur batang desa Bunin kecamatan Serbajadi Lokop memohon kepada dinas kesehatan Aceh timur dan dinas kesehatan propinsi Aceh Agar segera mencari solusi dan meninjau kelapangan dengan secepat nya.”harap Bukhari.

“Dan kami mohon kepada teman teman media dan LSM, terkait dengan kesehatan masyarakat dimohon di bantuan untuk menyampaikan keluhan masyarakat ini kepada dinas terkait atas bantuanya kami ucapkan terimakasih wasalam. Bukhari Muslim MH tokoh masyarakat Serbajadi
Lokop Aceh timur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *