Babinsa Desa Tanjung Hutan Himbau Warga Agar Membuka Lahan Jangan Dengan Cara Membakar

  • Whatsapp

Karimun– Cuaca ekstrim beberapa hari belakangan ini telah berpengaruh pada munculnya sejumlah titik api akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Guna mengantisipasi mencegah terjadinya Karlahut disaat memasuki musim kemarau dimana sangat rentan terjadi kebaran yang dilakukan secara sengaja ataupun tidak disengaja Babinsa Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru Kabupaten Karimun menghimbau dan mengajak warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, Saptu (27/2)

Kopda Yudianto Babinsa Tanjung Hutan mengatakan, beberapa kawasannya di Desa Tanjung hutan dan Desa Tanjung Batu Kecil Kecamatan Buru. Alhamdulilah selama ini warga belum pernah membuka lahan dengan cara membakar,’’ katanya.
 
“Ya selama saya disini menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) warga belum pernah melakukan membuka lahan dengan cara membakar. Tetapi walaupun demikian saya sebagai babinsa tidak pernah lelah untuk mengingatkan warga agar tidak membakar jika ingin membuka lahan,’’ ujar Kopda Yudi
 
lebih lanjut , Yudi mengingatkan kembali kepada warga binaan nya, agar jangan sampai terjadi pembakaran hutan  yang bisa berurusan dengan aparat penegak hukum, seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Meral dan Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun yang berujung di penjara, hendaknya hal tersebut dijadikan pembelajaran agar tidak terulang kembali.”Tuturnya.

“Masih kata Yudi, satu hal yang sangat penting adalah kepedulian semua pihak untuk turut berpartisipasi mulai dari upaya pencegahan hingga penanganannya. Jangan membiarkan orang atau pihak tertentu tetap melakukan perbuatan yang menyengsarakan masyarakat luas, setidaknya berikan informasi kepada aparat terkait untuk ditindaklanjuti guna dicegah sedini mungkin serta dilakukan penegakkan hukum.”Pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *