Adly Tjalok, Roboh Stadion Cot Gapu Melenyapkan Sejarah Sepak Bola Bireuen

  • Whatsapp

Bireuen – Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bireuen berencana merobohkan Stadium Cot Gapu. Pro-kontra Sesepuh dan para pecinta sepakbola sesuai sisi pandang masing- masing, Sejarah berubah menjadi sejarah lapangan hijau selain melenyapkan sejarah sepak bola.Tiada lagi Mantan pesepak bola, yang tinggal hanya mantan Lapangan Hijau, Kamis (4 Februari 2021).

Adly Tjalok Bin Ibrahim kepada Viralutama.co.id menyampaikan,”Terkait isu merobohkan Stadion Cot Gapu direncanakan Pemkab (Perintah Kabupaten) Bireuen, Itu sangat tidak tepat. Seharusnya aset bersejarah tersebut diselamatkan, bukan dilenyapkan dengan berbagai dalih dan alasan yang tidak munasabah.”

Bacaan Lainnya

“Markas PSSB (Persatuan Sepakbola Seluruh Bireuen) tersebut bukti sejarah cikal bakal persepakbolaan, jika dirobohkan maka, Lenyaplah sejarah asal sepak bola Bireuen. Stadion Cot Gapu butuh perhatian semua pihak, untuk memelihara, merawat, hingga pemugaran melalui renovasi dan tatanan ke wajah yang baru,” ujar mantan Ketua Asosiasi PSSI Aceh.

Lanjutnya,”Terkait rencana pembangunan Stadion utama PON di Paya Kareung, itu tiada kaitannya dengan Stadion Cot Gapu. Kita mengakui lokasinya sempit, namun jika ditata dengan benar segala kekuranganya dapat terpenuhi. Hanya lokasi parkir saja yang menjadi masalah utama, selebihnya cuma tinggal di renovasi,”

“Jikalau Stadion Cot Cot Gapu tetap dirobohkan dan dibangun ditempat lain dengan Emas sekalipun,” Telah merusak Sejarah Sepak Bola Bireuen. Sejarah PSSB akan berubah menjadi,” Sejarah Lapangan Hijau, Tiada lagi mantan PSSB yang wujud hanya mantan Lapangan Hijau,” ujar Adly Tjalok.

“Sebelumnya, Suatu ketika saya pernah menawarkan untuk merenovasi Stadion tersebut dengan besaran Anggaran Rp. 15 Milyar, guna menyambung pembagunan tribun lebih tinggi, dibawahnya dapat dimanfaatkan untuk lokasi perparkiran, sehingga tidak ada lagi lokasi yang terganggu. Penawaran tersebut disampaikan semasa masih di DPRA tahun 2013 lalu. Sayangnya tiada mendapat perhatian dari para pihak, ini yang sangat disesalkan,” ungkap mantan anggota DPRA.

“Terkait isu yang berkembang (Pembongkaran) Stadion Cot Gapu, ramai yang menghubungi dan menjumpai saya, guna menyampaikan ke Bupati Bireuen (Muzakkar A.Gani) supaya Stadion dimaksud jangan dirobohkan. Oleh karena sebelumnya mereka mengetahui, hubungan saya dengan Bupati sangat harmonis.” Tambahya.

Disebutkan Adly,”Pada kenyataannya diluar dugaan, telah beberapa kali saya upayakan menghubungi beliau (Bupati) tidak mendapatkan jawaban,” Bahkan beberapa kali juga saya hubungi melalui Telepon selularnya, tetap tidak mendapat sahutan, padahal Bupati Muzakkar kenal benar dengan saya, ”

“Untuk itu, diharapkan kepada pemkab Bireuen dibawah pimpinan H. Muzakkar A. Gani, mempertimbangkan kembali terhadap rencana merobohkan Stadiun Cot Gapu. Seharusnya dilestarikan dan direnovasi kembali dengan tatanan desain wajah baru, “tutur mantan ketua Asosiasi PSSI Aceh penuh harap.

Laporan – Juwaini
Editor – Wira

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *